Jumat, 18 November 2016

Review Paper mengenai Sistem Cerdas – Aplikasi Deteksi Wajah pada Foto Dijital dalam Sistem Pengenalan Wajah





Sumber Paper :


http://repository.gunadarma.ac.id/175/1/Aplikasi%20Deteksi%20Wajah%20pada%20Foto%20Dijital_UG.pdf


Review :

1. Bidang yang dikembangkan

Pada paper ini bidang yang dikembangkan adalah pengolahan citra pada wajah diam dengan metode pendeteksian melalui warna kulit.


2. Permasalahan

Era teknologi informasi saat ini tidak dapat dipisahkan dari multimedia, dimana data dan informasi tidak hanya disajikan dalam bentuk teks, tetapi juga dapat disajikan dalam bentuk gambar, audio, dan video. Citra (image) sebagai salah satu komponen penting sebagai bentuk informasi visual. Citra mempunyai karakteristik yang tidak dimiliki oleh teks. 


Berbagai tindak kriminal seperti pencurian, pembunuhan, dan kejahatan-kejahatan lain masih sering terjadi di tengah masyarakat. Identitas pelaku kriminal akan sulit diketahui apabila tidak dilakukan pengolahan citra. Sistem pengenalan wajah merupakan suatu metode identifikasi personal yang digunakan untuk mengurangi berbagai masalah tersebut.


3. Solusi

Dalam paper ini, permasalahan identitas penindak kriminal seperti yang disebutkan sebelumnya dapat diatasi dengan menggunakan aplikasi deteksi wajah pada foto dijital menggunakan metode warna kulit. Metodologi penelitian :

a. Membangun Model Warna Kulit

                 Secara umum tahapan awal dalam pendeteksian wajah manusia adalah bagaimana memisahkan antara daerah kulit dan bukan kulit, dalam penulisan ini metode yang digunakan ialah membangun suatu model kulit dengan menggunakan distribusi Gaussian.

b. Proses Deteksi Wajah Transformasi Citra RGB Ke Dalam Model Warna YCbCr 

                Pada tahapan ini Citra yang akan dideteksi wajahnya diubah ke dalam bentuk YCbCr, dengan menggunakan distribusi Gaussian. Elemen Cb dan Cr dari citra tersebut dipetakan antara bagian kulit dan bukan kulit ke dalam bentuk citra keabuan.

c. Proses Cropping  Wajah  

                Setelah didapatkan citra biner dari hasil proses di atas maka proses selanjutnya dilakukan pengambilan atau pemotongan gambar wajah dari citra suatu wajah, dimana citra wajah yang diambil merupakan warna putih atau bernlai  piksel 1.

d. Hasil Simulasi dan Analisa

                Selanjutnya adalah melakukan/menjalankan simulasi system pengenalan wajah. Simulasi pendeteksian wajah pada paper ini dijalankan pada perangkat keras PC Prosesor Intel Pentium III 1 GHz, memory 256 MB, dengan sistem operasi Window XP Proffesional dan menggunakan perangkat lunak Matlab versi 6.5. 


4. Kontribusi

Paper ini memberikan kontribusi untuk mengenali identitas atau mengenali wajah seseorang untuk membantu pengenalan identitas pelaku/penindak kriminal di sekitar masyarakat. Tentunya dengan adanya sistem pengenalan wajah ini, diharapkan tindak kriminal akan berkurang.


5. Critical Thinking

a. Kelebihan


  •       Dari hasil simulasi yang dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa pendeteksian wajah pada citra berwarna dengan menggunakan pendekatan warna kulit dapat mencapai tingkat keberhasilan sebesar 94%.
  •        Aplikasi yang digunakan ringan sehingga dapat digunakan pada PC yang berspesifikasi rendah.

b. Kekurangan


  •        Hanya bisa mendeteksi melalui gambar diam.
  •        Membutuhkan tenaga ahli pengolahan citra.
 
 

0 komentar:

Posting Komentar