Rabu, 11 November 2015

Cara Memutar Film menggunakan Dual Subtitle




Halo.. bertemu lagi dengan saya Nando Putra Pratama setelah sekian lama tidak menulis (tulisan sendiri) karena belakangan ini sangat disibukkan dengan tugas-tugas kuliah. Sorry jadi curhat :D

Salah satu cara saya untuk menghibur diri adalah dengan menonton film-film favorit di PC/Laptop. Tentu saja film-film tersebut banyak yang berbahasa asing sehingga mengharuskan untuk menggunakan subtitle Indonesia.

Nah salah satu kebiasaan saya adalah saya selalu menggunakan dual subtitle (subtitle indo dan subtitle bahasa film) untuk menonton film. Dan pada kesempatan kali ini saya akan berbagi caranya ^_^

"Untuk apa sih pake dua subtitle segala? Satu aja kan cukup"


Memang benar, tetapi hal itu sudah sangat mainstream menurut saya. Tidak ada salahnya dong jika kita memutar film dengan menggunakan dua subtitle sekaligus. 

Seperti bunyi pepatah 'Sambil menyelam minum air', menonton film dengan dual subtitle ini bisa meningkatkan skill bahasa asing kita sekaligus menikmati keseruan film yang ditonton. Tidak hanya untuk film-film berbahasa English, tapi juga untuk film-film lain seperti Jepang, Korea, Thailand, dll :D

“Kenapa tidak langsung menggunakan subtitle English saja?”


Saya pun sering menggunakan subtitle English saja, namun ada kalanya kata-kata yang terdapat dalam film yang sedang saya tonton sangat rumit sehingga saya ‘terpaksa’ mem-pause film dan membuka kamus  untuk menerjemahkannya. Sangat tidak efektif bukan? He..he

"Oh yaudah kalo gitu gimana caranya?"

OK langsung saja, inilah "Cara Memutar Film menggunakan Dual Subtitle"  
by Nando Putra Pratama


Alat dan bahan :

  • Media Player Classic.
  • Film yang mau ditonton.
  • Subtitle Indonesia.
  • Subtitle Asing.
  • Laptop/PC (hehe..)
-         
Sebelumnya ada beberapa settingan yang berbeda ketika menginstall K-Lite Codec Pack Media Player Classic (Disini saya menggunakan K-Lite Codec Pack versi 10.7.1. NB : tidak harus menggunakan versi ini). Ikuti langkah menginstall sebagai berikut :

1. Buka Installasi K-Lite Codec Pack -> Next

-        

-          
2. Pilih Normal Mode


3. Pilih ffdshow pada DirectShow video decoding filters & MPEG-4 (lihat yang dilingkari kotak merah).

4. Selanjutnya tidak ada yang diubah, klik next hingga installasi selesai.












Setelah installasi sukses, siapkan dua subtitle (berbahasa indo dan berbahasa asing sesuai film yang ingin ditonton). 

I               : Tempatkan dua subtitle tsb di dalam folder film. Namai subtitle Indonesia sesuai  dengan nama film agar subtitle otomatis ter-load ketika film diputar.

II             : Namai subtitle asing dengan tambahan –english atau sesuai bahasa film. Hal ini untuk mempermudah dan mencegah subtitle tertukar ketika di load.


III            : Putar film. Subtitle Indonesia sudah otomatis ter-load. 


Nah setelah ini akan masuk ke tahap inti..

IV            : Klik kanan pada video -> Filters -> ffdshow Video Decoder


V             : Klik dan centang pada bagian subtitle, file, dan klik tanda titik tiga […] untuk mencari subtitle asing yang telah tersedia tadi.


 Nah ini yang saya maksud agar tidak tertukar ketika di load tadi.



Dual subtitle telah berhasil di load. Tapi kok saling bertumpukan gitu sih posisinya? Tenang saja, sekarang saatnya untuk mengatur penempatan subtitle nya.




VI             : Caranya sama seperti tahap ke IV, lalu pilih pada bagian Placement. Atur vertical position subtitle menjadi posisi atas (idealnya 10%-20%). Kemudian klik Apply dan OK.




Taraa, sekarang dual subtitle telah berhasil di load untuk memutar film :-D






Kalian juga bisa mengatur besar huruf, jenis huruf, ketebalan huruf, dll dari subtitle tersebut sesuai dengan keinginan kalian. Caranya sama seperti di tahap IV, lalu pilih bagian “Text” maupun “Font”.

Untuk penggunaan subtitle bisa sesuai selera kalian. Contoh apabila ingin subtitle English berada di bawah dan subtitle Indonesia di atas, namai sub eng sesuai nama file film, lalu load sub indo nya menggunakan ffdshow.

NB : Jangan lupa untuk membeli film original nya ya :)

Ok saya rasa cukup untuk tulisan kali ini. Apabila ada yang masih belum ngerti atau belum jelas silahkan berikan komentar :)

Sampai jumpa di tulisan yang berikutnya~

Follow me on twitter @nandoputrap

9 komentar:

  1. wah mantap bro postingannya... sangat membantu ane yang lagi belajar bahasa jepang

    BalasHapus
  2. wah mantap bro postingannya... sangat membantu ane yang lagi belajar bahasa jepang

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga cuman jepang kok, semua bahasa bisa asalkan ada subtitle nya

      Hapus
  3. Maaf numpang nanya..
    Awalnya sky pke' k-lite yg versi 9 pas kucari pilihan subtitle di bagian ffdshow itu kok g ada, akhirnya aku download k-lite mega codec pack 12.0.1, hlah slesei do install pas dicari ffdshow Video Decoder-nya malah g ada, kupikir diganti jdi "LAV Video Decoder (internal)", tpi kok malah g ada.. T-T

    Aku harus gmn y?? :(

    BalasHapus
  4. Kalau filmnya hasil dari downloadan kita bisa juga gak gan ?

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Ini bagus untuk belajar dan berlatih bahasa baru. kita dapat mengaktifkan teks 2 bahasa dengan bahasa yang kita pelajari bersama dengan bahasa yang sudah kita ketahui. Kemudian, kita dapat berlatih bahasa sambil dihibur pada saat yang sama.

    BalasHapus
  7. Bagus, jangan lupa kunjungi :
    https://youtu.be/rF8l8zEXODs

    BalasHapus