Sabtu, 18 Oktober 2014

Jenis-jenis Soft Copy Device




Soft Copy Device, merupakan output device (alat keluaran) yang digunakan untuk menampilkan tulisan, image/gambar maupun suara melalui media soft (lunak) berupa sinyal elektronik. Yang termasuk soft copy device adalah video display, flat panel display dan speaker.

Video display merupakan layar yang berupa tabung sinar katoda atau Cathode Ray Tube (CRT). Biasanya video display dilengkapi dengan keyboard yaitu sebagai alat input dan sebagai alat output yang disebut dengan terminal dan terkenal dengan nama CRT terminal atau VDT (Visual Display Terminal). Video display disebut juga dengan sebutan VDU (Visual Display Unit). Tampilan di video display dilakukan dengan menyinarkan sinar elektron ke suatu titik layar. Masing-masing titik video display disebut picture element atau singkatnya picel (pixel). 

Video display  dapat digolongkan di dalam alphanumeric display dan grafik display. Dipandang dari warna yang dapat di tampilkan digolongkan dalam monochrome dan color display

Alphanumeric display



Alphanumeric display digunakan untuk menampilkan teks karakter (huruf, angka, karakter khusus) beberapa komputer ada yang menggunakan layar CRT yang dibagi dalam 25 baris dan 40 kolom. Dan ada juga yang dibagi dalam 16 baris dan 60 kolom.



Graphic display



Graphic display berguna untuk menampilkan grafik maupun gambar. Graphic display mempunyai kemampuan menampilkan grafik dan gambar dan berfungsi sebagai alphanumeric display yang juga dapat menampilkan teks dan karakter.

Color display




Color display menggunakan tiga sinar elektron yang terpisah yaitu warna merah, biru, dan hijau yang dapat dikombinasikan untuk membentuk warna yang diinginkan di layar.

Monochrome Display


Monitor monokrom biasanya menampilkan dua warna, yaitu warna background dan foreground. Warna tersebut adalah hitam dan putih, hijau dan hitam, dan kuning dan hitam.

Computer Display Proyektor


Layar dari video display ukurannya terbatas dan tidak jelas terlihat tampilannya dari jarak jauh seperti misalnya untuk rapat, seminar, sidang, training pendidikan sebagai tambahan dapat digunakan Computer Display Proyektor atau disebut dengan Computer Data Proyektor untuk memproyeksikan tampilan di video display ukuran besar.

Flat Panel Display



Kita semua pasti menggunakan layar yang satu ini untuk kegiatan sehari-hari. Flat panel display merupakan display yang menggunakan LCD (Liquid Crystal Display) dan layarnya berbentuk pipih. Flat panel display selain menggunakan LCD juga ada yang menggunakan gas dan disebut plasma display. LED sebenarnya sangat mirip LCD bahkan cara kerjanya juga tidak jauh berbeda. LED juga memiliki layar datar tipis yang memanfaatkan teknologi Liquid Crystal Display. Satu-satunya perbedaan adalah sumber cahaya, yang berada di belakang layar. TV LCD menggunakan lampu neon, dan TV LED menggunakan LED (Light Emitting Dioda).

Speaker


Speaker digunakan untuk mengubah sinyal suara menjadi suara yang bisa ditangkap oleh telinga manusia. Output manusia yang lewat speaker dapat digolongkan menjadi speech coding, yaitu suara manusia asli yang sudah direkamkan ke komputer dan speech synthesis. Dengan perangkat lunak ini dapat diprogram output suara yang dikehendaki. Yaitu dengan menuliskan kata atau kalimat dan akan dihasilkan output berupa suara. System dectalk yang terdapat pada computer digital equipment corporation dapat membaca suatu teks dan merubahnya kedalam ucapan.

Nah jadi itu lah penjelasan tentang "Soft Copy Device". Banyak macam dan bentuknya bukan? hehe

Ok cukup dulu ya untuk post yang ke-10 ini. Silahkan memberikan komentar kalian pada kolom komentar :)

SUMBER

Follow me on twitter : @nandoputrap

2 komentar: